Minggu, 05 Februari 2012

Memanfaatkan TI bagi dunia pendidikan


Teknologi Informasi atau biasa disingkat dan populer dengan IT , mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam kurun waktu akhir-akhir ini.Sejak ditemukan dan dimanfaatkannya Internet sebagai media komunikasi nirkabel memberikan kemudahan untuk berkomunikasi bahkan untuk dunia bisnis,perdagangan maupun pendidikan.
Dengan Teknologi Informasi sekarang kendala atau hambatan geografis seolah bukan masalah yang besar lagi.Seorang Profesor di Eropa bisa mengajar mahasiswanya yang berada di Indonesia secara realtime. Ribuan Transaksi ekonomi dan perdagangan berlangsung setiap hari dengan cepat,aman dan akurat.
Berkaca kepada keadaan tersebut, bukanlah suatu hayalan jika kita mampu memanfaatkan keunggulan teknologi informasi untuk dunia pendidikan maka output proses pendidikan dapat lebih berkualitas.
Seorang Dosen atau Guru dapat menyimpan materi atau bahan ajar bagi mahasiswanya disuatu tempat penyimpanan /server dan mahasiswa atau murid dapat membukanya,membaca,mengunduh bahkan mencetaknya untuk dipelajari lebih dalam. Begitupun kalau ada tugas-tugas yang diberikan sebagai cara meningkatkan keterampilan maupun kualitas pemahaman terhadap materi. mahasiswa bisa menyampaikan tugasnya lewat e-mail sang dosen atau guru.
Beberapa kelebihan menggunakan internet dalam proses belajar dan mengajar  antara lain:
  1. Tidak membutuhkan ruangan atau Area belajar fisik/Bangunan gedung
  2. Bisa dilakukan tanpa bertatap muka (face to face)
  3. Tidak terbatas waktu formal (kapan dan dimana saja)
  4. Mengurangi biaya (transportasi )
  5. Bisa memanfaatkan bermacam bentuk media (text, gambar, suara maupun video presentasi).
  6. Memacu Dosen,guru,mahasiswa maupun murid untuk lebih kreatif.
Dari beberapa keunggulan tersebut , bagaimana kita semua komponen dunia pendidikan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar  menjadi lebih efektif,efisien dan yang terpenting dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas melalui pendidikan.
Namun demikian, bukan berarti perkembangan TI ini tidak mempunyai dampak yang buruk dan tidak bermanfaat bahkan membahayakan sehingga perlu upaya-upaya pencegahannya. Dalam posting selanjutnya kita akan bahas hal-hal apa saja kekurangan bahkan mungkin yang membahayakan dari kemajuan TI ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar